Powered By Blogger

Senin, 06 Februari 2012

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN IBU HAMIL

 Tugas     :  Keperawatan Keluarga

ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA
DENGAN IBU HAMIL  

    



 OLEH
                                                 KELOMPOK I :
          WD. MARLINA ROSTAM            DESRIANI NATALIA
         SIRATMI NINGSIH                NANI ISRIWATI
         SANIATI                           AL RAFIUT SADIYAH
         WD. LISNA                            SITI FARIATI
         SILFIATI                 SRI ENDANG MALIASARI
   
     PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN
MANDALA WALUYA
KENDARI
2010
       BAB I
         KONSEP MEDIS
A.    Pengertian
Bumil adalah: suatu kondisi dimana seorang perempuan mengalami kehamilan.
 Kehamilan adalah: suatu kondisi yang terjadi bila ada pertemuan dan persenyawaan antara sel telur (ovum) dan sel mani (spermatozoa).
 Kehamilan terbagi atas: trimester I (1 – 14 minggu), trimester II (14 – 28 minggu),     trimester III (28 – 42 minggu).

B.    Konsep Perkembangan
Perkembangan / Perubahan Fisik
1.    Perubahan pada kulit
Terjadi hiperpigmentasi yaitu kelebihan pigmen di tempat tertentu. Pada wajah, pipi, dan hidung mengalami hiperpigmentasi sehingga menyerupai topeng (topeng kehamilan atau kloasma gravidarum). Pada areola mamae dan Puting susu, daerah yang berwarna hitam di sekitar puting susu akan menghitam. Sekitar areola yang biasanya tidak berwarna akan berwarna hitam. Hal ini disebut areola mamae sekunder. Puting susu menghitam dan membesar sehingga lebih menonjol. Pada areola suprapubis, terdapat garis hitam yang memanjang dari atas simfisis sampai pusat. Warnanya lebih hitam dibandingkan sebelumnya, muncul garis baru yang memanjang ditengah atas pusat (linea nigra). Pada perut, selain hiperpigmentasi terjadi stria gravidarum yang merupakan garis pada kulit. Terdapat 2 jenis stria gravidarum yaitu stria livida (garis berwarna biru) dan stria albikan (garis berwarna putih). Hal ini terjadi karena pengaruh melanophore stimulating hormone lobus hipofisis anterior dan pengaruh kelenjar suprarenalis.
2.     Perubahan kelenjar
Kelenjar gondok membesar sehingga leher ibu berbentuk seperti leher pria. Perubahan    ini tidak selalu terjadi pada wanita hamil.  
3.    Perubahan payudara  
Perubahan ini pasti terjadi pada wanita hamil karena dengan semakin dekatnya persalinan, payudara menyiapkan diri untuk memproduksi makanan pokok untuk bayi setelah lahir. Perubahan yang terlihat pada payudara adalah sebagai berikut.
a.    Payudara membesar, tegang dan sakit
b.     Vena di bawah kulit payudara membesar dan terlihat jelas
c.    Hiperpigmentasi pada areola mamae dan puting susu serta muncul areola mamae sekunder
d.    Kelenjar Montgomery yang terletak di dalam areola mamae membesar dan kelihatan dari luar. Kelenjar Montgomery mengeluarkan lebih banyak cairan agar puting susu selalu lembab dan lemas sehingga tidak menjadi tempat berkembang biak bakteri.
e.    Payudara ibu mengeluarkan cairan apabila dipijat. Mulai kehamilan 16 minggu, cairan yang dikeluarkan jernih. Pada kehamilan 16 minggu sampai 32 minggu, warna cairan agak putih seperti air susu yang sangat encer. Dari kehamilan 32 minggu sampai anak lahir, cairan yang dikeluarkan lebih kental, berwarna kuning, dan banyak mengandung lemak. Cairan ini disebut kolostrum.
4.    Perubahan perut  
Semakin mendekati masa persalinan, perut semakin besar. Biasanya hingga kehamilan 4 bulan, pembesaran perut belum kelihatan. Setelah kehamilan 5 bulan, perut mulai kelihatan membesar. Saat hamil tua, perut menjadi tegang dan pusat menonjol ke luar. Timbul stria gravidarum dan hiperpigmentasi pada linea alba serta linea nigra.  
5.     Perubahan alat kelamin luar  
Alat kelamin luar ini tampak hitam kebiruan karena adanya kongesti pada peredaran darah. Kongesti terjadi karena pembuluh darah membesar, darah yang menuju uterus sangat banyak, sesuai dengan kebutuhan uterus untuk membesarkan dan memberi makan janin. Gambaran mukosa vagina yang mengalami kongesti berwarna hitam kebiruan tersebut disebut tanda Chadwick.
6.     Perubahan pada tungkai  
Timbul varises pada sebelah atau kedua belah tungkai. Pada hamil tua, sering terjadi edema pada salah satu tungkai. Edema terjadi karena tekanan uterus yang membesar pada vena femoralis sebelah kanan atau kiri.

7.     Perubahan pada sikap tubuh  
Sikap tumbuh ibu menjadi lordosis karena perut yang membesar.
Perkembangan / Perubahan Psikologis.  
Menurut teori Rubin, perubahan psikologis yang terjadi pada:
Trimester I meliputi: ambivalen, takut, fantasi, dan khawatir.
Trimester II meliputi: perasaan lebih nyaman serta kebutuhan mempelajari perkembangan dan pertumbuhan janin meningkat. Kadang tampak egosentris dan berpusat pada diri sendiri.Trimester III meliputi: memiliki perasaan aneh, sembrono, lebih introvert, dan merefleksikan pengalaman masa lalu.  

B.     Masalah yang sering terjadi  
1.    Respon terhadap perubahan citra tubuh  
Perubahan fisiologis kehamilan menimbulkan perubahan bentuk tubuh yang cepat dan nyata. Selama trimester I bentuk tubuh sedikit berubah, tetapi pada trimester II pembesaran abdomen yang nyata, penebalan pinggang dan pembesaran payudara memastikan status kehamilan. Wanita merasa seluruh tubuhnya bertambah besar dan menyita ruang yang lebih luas. Perasaan ini semakin kuat seiring bertambahnya usia kehamilan. Secara bertahap terjadi kehilangan batasan – batasan fisik secara pasti, yang berfungsi memisahkan diri sendiri dari orang lain dan memberi rasa aman.
Sikap wanita terhadap tubuhnya di duga dipengaruhi oleh nilai – nilai yang diyakininya dan sifat pribadinya. Sikap ini sering berubah seiring kemajuan kehamilan. Sikap positif terhadap tubuh biasanya terlihat selama trimester I. Namun, seiring kemajuan kehamilan, perasaan tersebut menjadi lebih negatif. Pada kebanyakan wanita perasaan suka atau tidak suka terhadap tubuh mereka dalam keadaan hamil bersifat sementara dan tidak menyebabkan perubahan persepsi yang permanen tentang diri mereka.
2.    Ambivalensi selama masa hamil
Ambivalensi didefinisikan sebagai konflik perasaan yang simultan, seperti cinta dan benci terhadap seseorang, sesuatu, atau suatu keadaan. Ambivalensi adalah respon normal yang dialami individu yang mempersiapkan diri untuk suatu peran baru. Kebanyakan wanita memiliki sedikit perasaan ambivalen selama hamil.
Bahkan wanita yang bahagia dengan kehamilannya, dari waktu ke waktu dapat memiliki sikap bermusuhan terhadap kehamilan atau janin. Pernyataan pasangan tentang kecantikan seorang wanita yang tidak hamil atau peristiwa promosi seorang kolega ketika keputusan untuk memiliki seorang anak berarti melepaskan pekerjaan dapat meningkatkan rasa ambivalen. Sensasi tubuh, perasaan bergantung, dan kenyataan tanggung jawab dalam merawat anak dapat memicu perasaan tersebut.
Perasaan ambivalen berat yang menetap sampai trimester III dapat mengindikasikan bahwa konflik peran sebagai ibu belum diatasi (Lederman, 1984). Setelah kelahiran seorang bayi yang sehat, kenangan akan perasaan ambivalen ini biasanya lenyap. Apabila bayi yang lahir cacat, seorang wanita kemungkinan akan mengingat kembali saat – saat ia tidak menginginkan anak tersebut dan merasa sangat bersalah. Tanpa penyuluhan dan dukungan yang memadai, ia dapat menjadi yakin bahwa perasaan ambivalennya telah menyebabkan anaknya cacat.
3.     Hubungan seksual  
Ekspresi seksual selama masa hamil bersifat individual. Beberapa pasangan menyatakan puas dengan hubungan seksual mereka, sedangkan yang lain mengatakan sebaliknya. Perasaan yang berbeda – beda ini dipengaruhi oleh faktor – faktor fisik, emosi, dan interaksi, termasuk takhayul tentang seks selama masa hamil, masalah disfungsi seksual, dan perubahan fisik pada wanita.  
Dengan berlanjutnya kehamilan, perubahan bentuk tubuh, citra tubuh, dan rasa tidak nyaman mempengaruhi keinginan kedua belah pihak untuk menyatakan seksualitas mereka. Selama trimester I seringkali keinginan seksual wanita menurun, terutama jika ia merasa mual, letih, dan mengantuk. Saat memasuki trimester II kombinasi antara perasaan sejahteranya dan kongesti pelvis yang meningkat dapat sangat meningkatkan keinginannya untuk melampiaskan seksualitasnya. Pada trimester III peningkatan keluhan somatik (tubuh) dan ukuran tubuh dapat menyebabkan kenikmatan dan rasa tertarik terhadap seks menurun (Rynerson, Lowdermilk, 1993).
Pasangan tersebut perlu merasa bebas untuk membahas hubungan seksual mereka selama masa hamil. Kepekaan individu yang satu terhadap yang lain dan keinginan untuk berbagi masalah dapat menguatkan hubungan seksual mereka. Komunikasi antara pasangan merupakan hal yang penting. Pasangan yang tidak memahami perubahan fisiologis dan emosi, yang terjadi dengan cepat selama masa hamil, dapat menjadi bingung saat melihat perilaku pasangannya. Dengan membicarakan perubahan – perubahan yang mereka alami, pasangan dapat mendefinisikan masalah mereka dan menawarkan dukungan yang diperlukan. Perawat dapat memperlancar komunikasi antar pasangan dengan berbicara kepada pasangan tentang perubahan perasaan dan perilaku yang mungkin dialami wanita selama masa hamil (Rynerson, Lowdermilk, 1993).
4.     Kekhawatiran tentang janin
Kekhawatiran orang tua terhadap kesehatan anak berbeda – beda selama masa hamil (Gaffney, 1988). Kekhawatiran pertama timbul pada trimester I dan berkaitan dengan kemungkinan terjadinya keguguran. Banyak wanita yang sengaja tidak mau memberitahukan kehamilannya kepada orang lain sampai periode ini berlalu. Ketika janin menjadi semakin jelas, yang terlihat dengan adanya gerakan dan denyut jantung, Kecemasan orang tua yang terutama ialah kemungkinan cacat pada anaknya. Orang tua mungkin akan membicarakan rasa cemasnya ini secara terbuka dan berusaha untuk memperoleh kepastian bahwa anaknya dalam keadaan sempurna. Pada tahap lanjut kehamilan, rasa takut bahwa anaknya dapat meninggal semakin melemah. Kemungkinan kematian ini terbukti semakin tidak dipikirkan orang tua.



C.    Tugas Perkembangan
1.    Menerima Kehamilan
Langkah pertama dalam beradaptasi terhadap peran ibu ialah menerima ide kehamilan dan mengasimilasi status hamil ke dalam gaya hidup wanita tersebut (Lederman, 1984). Tingkat penerimaan dicerminkan dalam kesiapan wanita dan respons emosionalnya dalam menerima kehamilan.
Kesiapan menyambut kehamilan.  
a.    Kesiapan menyambut kehamilan
Ketersediaan keluarga berencana mengandung makna bahwa kehamilan bagi banyak wanita merupakan suatu komitmen tanggung jawab bersama pasangan. Namun, merencanakan suatu kehamilan tidak selalu berarti menerima kehamilan (Entwistle, Doering, 1981).Wanita lain memandang kehamilan sebagai suatu hasil alami hubungan perkawinan, baik diinginkan maupun tidak diinginkan, bergantung pada keadaan.
Wanita yang siap menerima suatu kehamilan akan dipicu gejala - gejala awal untuk mencari validasi medis tentang kehamilannya. Beberapa wanita yang memiliki perasaan kuat, seperti “tidak sekarang,” bukan saya,” dan “ tidak yakin,” mungkin menunda mencari pengawasan dan perawatan (Rubin, 1970). Namun , beberapa wanita menunda validasi medis karena akses keperawatan terbatas, merasa malu, atau alasan budaya. Untuk orang lain, kehamilan dipandang sebagai suatu peristiwa alami, sehingga tidak perlu mencari validasi medis dini.
Setelah kehamilan dipastikan respon emosi wanita dapat bervariasi, dari perasaan sangat gembira sampai syok, tidak yakin, dan putus asa. Reaksi yang diperlihatkan banyak wanita ialah respon” suatu hari nanti, tetapi tidak sekarang.”
Wanita lain dengan sederhana menerima kehamilan sebagai kehendak alam. Banyak wanita mula- mula terkejut ketika mendapatkan diri mereka hamil. Namun, seiring meningkatnya penerimaan terhadap kehadiran seorang anak, akhirnya mereka menerima kehamilan. Tidak menerima kehamilan tidak dapat disamakan dengan menolak anak. Seorang wanita mungkin tidak menyukai kenyataan dirinya hamil, tetapi agar anak itu dilahirkan.  
b.     Respon Emosional
Wanita yang bahagia dan senang dengan kehamilannya sering memandang hal tersebut sebagai pemenuhan biologis dan merupakan bagian dari rencana hidupnya. Mereka memiliki harga diri yang tinggi dan cenderung percaya diri akan hasil akhir untuk dirinya sendiri, untuk bayinya, dan untuk anggota keluarga yang lain. Meskipun secara umum keadaan mereka baik, namun kelabilan emosional yang terlihat pada perubahan mood yang cepat untuk dijumpai pada wanita hamil.
Perubahan mood yang cepat dan peningkatan sensitifitas terhadap orang lain ini membingungkan calon ibu dan orang- orang di sekelilingnya. Peningkatan iritabilitas, uraian air mata dan kemarahan serta perasaan suka cita, serta kegembiraan yang luar biasa muncul silih berganti hanya karena suatu provokasi kecil atau tanpa provokasi sama sekali.
Perubahan hormonal yang merupakan bagian dari respon ibu terhadap kehamilan, dapat menjadi penyebab perubahan mood, hampir sama seperti saat akan menstruasi atau selama menopause. Alasan lain, seperti masalah seksual atau rasa takut terhadap nyeri selama melahirkan, juga dijadikan penjelasan timbulnya perilaku yang tidak menentu ini.
Seiring kemajuan kehamilan, wanita lebih menjadi terbuka tentang terhadap diri sendiri dan orang lain. Ia bersedia membicarakan hal- hal yang tidak pernah dibahas atau yang dibahas hanya dalam keluarga dan tampak yakin bahwa pikiran- pikirannya dan gejala - gejala yang dialaminya akan menarik untuk si pendengar yang dianggapnya protektif. Keterbukaan ini, disertai kesiapan untuk belajar, meningkatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan wanita hamil dan meningkatkan kemungkinan diselenggarakannya perawatan yang efektif dan terapeutik untuk mendukung kehamilan.  
Apabila anak tersebut diingingkan, rasa tidak nyaman yang timbul akibat kehamilan cenderung dianggap sebagai suatu iritasi dan upaya dilakukan untuk meredakan rasa nyaman tersebut biasanya membawa keberhasilan. Rasa senang yang timbul karena memikirkan anak yang akan lahir dan perasaan dekat dengan anak membantu menyesuaikan diri terhadap rasa tidak nyaman ini.
Pada beberapa keadaan wanita yang biasanya mengeluhkan ketidak nyamanan fisik dapat mencari bantuan untuk mengatasi konflik peran ibu dan tanggung jawabnya. Pengkajian lebih lanjut tentang toleransi dan kemampuan koping perlu dilakukan (Lederman, 1984).
2.     Mengenal peran ibu
Proses mengidentifikasi peran ibu dimulai pada awal setiap kehidupan seorang wanita, yakni melalui memori - memori ketika ia, sebagai seorang anak, diasuh oleh ibunya. Persepsi kelompok sosialnya mengenai peran feminim juga membuatnya condong memilih peran sebagai ibu atau wanita karir, menikah atau tidak menikah, dan mandiri dari pada interdependen. Peran - peran batu loncatan, seperti bermain dengan boneka, menjaga bayi, dan merawat adik - adik, dapat meningkatkan pemahaman tentang arti menjadi seorang ibu.
Banyak wanita selalu menginginkan seorang bayi, menyukai anak - anak, dan menanti untuk menjadi seorang ibu. Mereka sangat dimotivasi untuk menjadi orang tua. Hal ini mempengaruhi penerimaan mereka terhadap kehamilan dan akhirnya terhadap adaptasi prenatal dan adaptasi menjadi orang tua (Grossman, Eichler, Winckooff,1980 ;Lederman, 1984). Wanita yang lain tidak mempertimbangkan dengan terinci arti menjadi seorang ibu bagi diri mereka sendiri. Konflik selama masa hamil, seperti tidak menginginkan kehamilan dan keputusan - keputusan yang berkaitan denga karir dan anak harus diselesaikan.
3.     Hubungan Ibu – Anak  
Ikatan emosional dengan anak mulai timbul pada periode prenatal, yakni ketika wanita mulai membayangkan dan melamunkan dirinya menjadi ibu (Rubin, 1975; Gaffney, 1988a). Mereka mulai berpikir seakan - akan dirinya adalah seorang ibu dan membayangkan kualitas ibu seperti apa yang mereka miliki. Orang tua yang sedang menantikan bayi berkeinginan untuk menjadi orang tua yang hangat, penuh cinta, dan dekat dengan anaknya. Mereka mencoba untuk mengantisipasi perubahan - perubahan yang mungkin terjadi pada kehidupannya akibat kehadiran sang anak dan membayangkan apakah mereka bisa tahan terhadap kebisingan, kekacauan, kurangnya kebebasan, dan bentuk perawatan yang harus mereka berikan. Mereka mempertanyakan kemampuan mereka untuk membagi kasih mereka kepada anak yang belum dilahirkan ini. Rubin (1967) menemukan bahwa wanita “ menerapkan “dan menguji perannya sebagai ibu dengan mengambil contoh ibunya sendiri atau wanita lain pengganti ibu yang memberi pelayanan, dukungan, atau berperan sebagai sumber informasi dan pengalaman.
Hubungan ibu - anak terus berlangsung sepanjang masa hamil sebagai suatu proses perkembangan(Rubin, 1975).
Persiapan melahirkan, banyak wanita khususnya nulipara, secara aktif mempersiapkan diri untuk menghadapi persalinan. Mereka membaca buku, menghadiri kelas untuk orang tua, dan berkomunikasi dengan wanita lain (ibu, saudara perempuan, teman, orang yang tidak dikenal).Mereka akan mencari orang terbaik untuk memberi nasihat, arahan, dan perawatan (Patterson, Freese, Goldenberg, 1990). Rasa cemas dapat timbul akibat kekhawatiran akan proses kelahiran yang aman untuk dirinya dan anaknya (Rubin, 1975).

4.     Hubungan dengan Pasangan  
Orang yang paling penting bagi seorang wanita hamil biasanya ialah ayah dari sang anak (Richardson,1983), karena semakin banyak bukti menunjukkan bahwa wanita yang diperhatikan dan dikasihi oleh pasangan prianya selama hamil akan menunjukkan lebih sedikit gejala emosi dan fisik, lebih sedikit komplikasi persalinan, dan lebih mudah melakukan penyesuaian selama masa nifas (Grossman,Eichler,Winckoff,1980; May,1982). Ada 2 kebutuhan utama yang ditunjukkan wanita selama ia hamil (Richardson,1983).
 Kebutuhan pertama ialah menerima tanda – tanda bahwa ia dicintai dan dihargai. Kebutuhan kedua ialah merasa yakin akan penerimaan pasangannya terhadap sang anak dan mengasimilasi bayi tersebut ke dalam kelurga. Rubin (1975) menyatakan bahwa wanita hamil harus “memastikan tersedianya akomodasi sosial dan fisik dalam keluarga dan rumah tangga untuk anggota baru tersebut.Hubungan pernikahan tidak tetap, tetapi berubah dari waktu ke waktu. Bertambahnya seorang anak akan mengubah sifat ikatan pasangan untuk selama – lamanya. Lederman (1984) melaporkan bahwa hubungan istri dan suami bertambah dekat selama masa hamil. Dalam studinya, ia mengatakan bahwa kehamilan berdampak mematangkan hubungan suami – istri akibat peran dan aspek – aspek baru yang ditemukan dalam diri masing – masing pasangan.
5.     Kesiapan untuk melahirkan  
Menjelang akhir trimester III, wanita akan mengalami kesulitan napas dan gerakan janin menjadi cukup kuat sehingga mengganggu tidur ibu.
 Nyeri pinggang, sering berkemih, keinginan untuk berkemih, konstipasi, dan timbulnya varies dapat sangat mengganggu. Ukuran tubuh yang besar dan rasa canggung mengganggu kemampuannya melakukan pekerjaan rumah tangga rutin, dan mengambil posisi yang nyaman untuk tidur dan istirahat.
Pada saat ini kebanyakan wanita akan tidak sabar untuk menjalani persalinan, apakah disertai rasa suka cita, rasa takut, atau campuran keduanya. Keinginan yang kuat untuk melihat hasil akhir kehamilannya dan untuk segera menyelesaikannya membuat wanita siap masuk ke tahap persalinan.















KASUS
    Tn.A menikah dengan Ny.S pada tahun 2010 lalu dan saat ini Ny.S sedang mengandung anak pertama. Kehamilan Ny. S sekarang mulai masuk trimester II. Ny.S mengatakan selama kehamilan sering merasakan pusing dan  memang Ny.S tampak kelihatan pucat. Menurut pengakuan Ny.S baru 1x memeriksakan kehamilannya di puskesmas, dan menurut hasil pemeriksaan Ny.S menderita anemia. Ny.S Mengatakan  jarang makan makanan yang bergizi yang berguna untuk perkembangan janinnya.Ny S juga mengeluhkan perubahan – perubahan yang terjadi pada dirinya, seperti berat badannya yang mulai meningkat dan sering merasa lelah.
    Ny.S mengatakan susah tidur karena kondisi kamar yang sempit dan pengap, di tambah lagi kebisingan di sekitar lingkungan rumah.
Hasil pemeriksaan :
TTV :        TD    : 100/80
            Nadi    : 70 x/menit
            R    : 24x/menit
            S    : 36,5 ºC
          


ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA
DENGAN IBU HAMIL

A.    Pengkajian
1.    Identifikasi data
a.     Kepala Keluarga
Nama              : Tn.A
Jenis Kelamin          : Laki-laki
Suku                         : Tolaki
Umur                        : 28 Tahun
Agama                       : Islam
Pendidikan               : SMA
Pekerjaan                    : Wiraswasta
Alamat                        : Kampus Baru

b.     Susunan Anggota Keluarga
No.    NAMA    L/P    USIA    HUB. KK    PENDIDIKAN    PEKERJAAN
1.
2.    Tn. A
Ny.S    L
P    28 tahun
22 tahun    Ayah
Istri    SMA
SMA    Wiraswasta
IRT




c.    Genogram







Keterangan :
  : Laki-laki  
                       : Perempuan
              : Meninggal
              : Ikatan Perkawinan
             : Tinggal Satu Rumah

Berdasarkan genogram di atas dari kedua generasi sebelumnya tidak ada yang menderita penyakit keturunan seperti DM, jantung dan hipertensi. Pada generasi pertama meninggal karena faktor usia baik dari pihak keluarga Ny.S maupun pihak keluarga Tn.A

.d.  Tipe Keluarga
Keluarga Tn. A merupakan tipe keluarga inti yang anggota keluarganya terdiri dari suami dan istri.

d.    Latar Belakang Budaya
1)    Latar belakang budaya keluarga Tn.A
Tn. A mengatakan keluarganya adalah asli suku Tolaki yang berkebangsaan Indonesia. Dialek dan aksen masih kental dalam keluarga.
2)    Bahasa dirumah yang di gunakan
Bahasa yang di gunakan adalah bahasa indonesia dan bahasa daerah.jika berbicara dengan istri/suami keluarga menggunakan bahasa daerah tolaki.namun jika bebicara dengan tetangga keluara menggunakan bahasa Indonesia.
3)    Kondisi asal/ daearah setempat
Keadaan sekitar rumah sangat berdekatan dengan tetangganya. Tidak ada warga negara asing yang berdomisili di sekitar rumah.
4)    Hubungan sosial keluarga dengan etnis yang tidak sama
Keluarga Tn. A cukup familiar dengan keluarga- keluarga yang lain. Termasuk dengan etnis yang tidak sama, seperti etnis Muna dan Bugis.
5)    Tempat tinggal keluarga rata- rata berasal dari etnis yang sama atau tidak.
Etnis orang disekitar rumah adalah beragam,seperti etnis Muna dan Bugis.
6)    Aktivitas agama, sosial, budaya, rekreasi, dan pendidikan keluarga
Keluarga Tn. A tidak terlalu aktif melakukan kegiatan- kegiatan keagamaan. Sering keluarga tampak bersosialisasi dengan keluarga lain disekitar. Keluarga tergolong ramah dengan orang- orang sekitar . Keluarga jarang melakukan rekreasi, jika waktu luang keluarga pergi berkumpul dirumah orang tua Tn.A yang kebetulan jaraknya tidak begitu jauh dari rumah Tn. A.
Tn. A sebagai kepala keluarga hanya berpendidikan SMA demikian juga istrinya Ny. S.
7)    Kebiasaan diet
Waktu    Komposisi
Sarapan ( 08.00 )

Makan siang ( 14. 00 )
Makan malam ( 19. 30 )    Roti/ kue
Susu / Teh
Nasi ,ikan, kadang – kadang sayur
Nasi, ikan, dan sayur

8)    Identifikasi Agama
a)    Agama keluarga
Agama keluarga Tn. A beragama islam.
b)    Adakah perbedaan anggota keluarga dalam keyakinan agama dan prakteknya.
Tidak ada perbedaan agama dalam keluarga dan prakteknya.
c)    Berapa aktif keluarga menjalankan ibadah
Keluarga jarang menjalankan ibadah dirumah, seperti sholat lima waktu.
d)    Apakah ibadah keagamaan dilakukan oleh keluarga
Keluarga cukup berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan dimasyarakat.
e)    Apakah agama dijadikan sebagai dasar keyakinan atau nilai yang mempengaruhi kehidupan keluarga?
Keluarga cukup yakin dengan agama mempengaruhi kehidupan keluarga.

9)    Status Sosial Ekonomi Keluarga
Tn.A sebagai kepala keluarga dan pencari nafkah bekerja sebagai wiraswasta dengan penghasilan sebulan kira- kira Rp. 700.000.
10)     Rekreasi Keluarga
Tn.A mengatakan tidak pernah berekreasi dan keluarga tidak pernah pergi ke tempat hiburan atau ke tempat rekreasi, Jika ada waktu luang keluarga biasanya berkunjung ke rumah orang tua atau tidak menonton TV di rumah.
e.    Riwayat Kesehatan Keluarga
1.    Riwayat kesehatan keluarga 6 bulan terakhir
Ny.S mengatakan usianya saat ini 22 tahun dan sedang hamil 5 bulan.Ny.S mengatakan baru 1  kali memeriksakan kehamilannya ke puskesmas terdekat. Ny.S mengatakan saat memeriksakan kehamilannya dianjurkan untuk makan sayur-sayuran serta lauk-pauk selama kehamilannya namun tidak semua anjuran itu bisa di penuhi oleh Ny.S karena persoalan ekonomi keluarga yang cukup sulit.padahal menurut anjuran bidan, Ny.S Harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi karena Ny S menderita anemia. Ny.S hanya mengkonsumsi vitamin penambah darah yang di dapatnya dari puskesmas namun setelah vitamin itu habis Ny.S sudah tidak mengkonsumsinya lagi.
2.    Pemeriksaan fisik
No    Pem. Fisik                Anggota keluarga
        Tn. A    Ny. S
1.




    Kepala
-    Rambut


-    Mata  
Bersih, tidak ada ketombe, tidak
rontok .
Konjuntivaan
anemis, sclera an
anikterik.  
Bersih, tidak ada ketombe, mudah
rontok .
Konjungtiva
anemis, sclera.
Ikterik.
2.
    Hidung    Tidak ada secret
dan polip.    Tidak ada secret
dan polip.
3.
    Telinga
    Tidak ada
Serumen    Tidak terdapat
serumen.
4.    Mulut dan
gigi
    Bersih, lidak ada
stomatitis dan
gigi lengkap    Bersih, tidak ada
stomatitis, gigi
lengkap.
5.

    Leher    Tidak ada
pembesaran
kelenjar tyroid    Tidak ada
pembesaran
kelenjar tyroid.
6.    Tonsil
    Tidak ada
Pembengkakan.    Tidak ada pembengkakan.
7.

    Dada
- Jantung
- Paru  
S I dan S II
Suara nafas
Vesikuler.  
S 1 dan S II
Suara nafas
Vesikuler

    -Bentuk
    Sitnetris kanan
dan kiri    Simetris kanan
dan kiri
8.
    Abdomen
-Peristaltik
usus
-Aciles

-Turgor

  
12x/menit

Tidak ada acites

Elastis, tidak ada
nyeri tekan dan
lepas.  
12x/menit

Tidak ada Acites

Elastis, tidak ada
nyeri tekan dan
lepas.
9.




    Ekstremitas
-Gerakan


-CRT
-Edema  
Dapat digerakkan
atas dan bawah
< 3 detik
Tidak ada edema
  
Dapat digerakkan
alas dan bawah

> 3 detik
Tidak ada edema
10.    Tanda-tanda Vital:
-Tekanan darah
-Nadi
-Suhu
-Pernafasan
-BB  
12 0/80 Mmhg
82x/menit
37 ° C
25x/menit
65 Kg  
100/80 Mmhg
70x/menit
36,5° C
24x/menit
49 Kg

f.    Riwayat dan Tahap Perkembangan Keluarga
1.    Tahap perkembangan keluarga saat ini
Keluarga Tn. A berada pada tahap perkembangan keluarga, ini ditandai oleh istri Tn. A yang sedang Hamil 5 bulan.
2.    Tugas perkembangan yang belum terpenuhi
Tahap perkembangan keluarga yang belum terpenuhi adalah tahap keluarga memiliki anak karena saat ini Ny S baru mengandung anak pertama mereka.
3.    Riwayat keluarga inti
Tn. A mengatakan tidak memiliki riwayat penyakit keturunan ataupun penyakit menular seperti kencing manis, TBC, jantung, hepatitis, hipertensi. Apabila anggota keluarga sakit, keluarga biasanya hanya membeli obat di apotik terdekat.
4.    Riwayat keluarga sebelumnya
Tn. A mengatakan, keluarga Tn. A ataupun Ny. S tidak mempunyai riwayat penyakit yang berbahaya seperti kencing manis, TBC, Jantung, hipertensi, hepatitis.
g.    Lingkungan
1.    Karakteristik rumah.
Rumah yang di tempati Tn.A dan istrinya adalah milik pribadi. Kondisi rumah  permanen dengan lantai yang disemen, luas rumah ± 6x5 meter2 dan terdiri dari lima ruangan yaitu; teras,ruang tamu, 1 kamar tidur ,dapur dan kamar mandi. Dinding rumah terbuat dari papan. Rumah tidak mempunyai ventilasi yang cukup sehingga cahaya tidak bebas masuk ke dalam rumah. , penempatan barang-barang agak tidak teratur, sumber air minum keluarga berasal dari ledeng.  rumah Tn.A cukup rapat dengan rumah tetangga,dengan kondisi yang cukup bising.suara musik dari rumah tetangga sangat jelas terdengar di rumah Tn.A. Menurut Ny.S Karena kondisi rumah yang demikian dia susah untuk beristirahat, di tambah lagi kondisi kamar yang panas dan pengap.
Tabel 1.6 Denah rumah :






Keterangan:
1.    Dapur
2.    Kamar tidur
3.    Ruang tamu
4.    Kamar tidur
2.    Karakteristik tetangga dan komunitas
Tn. A mengatakan bahwa hubungan keluarganya dengan masyarakat lainnya cukup harmonis, dalam melakukan suatu kegiatan dilakukan dengan gotong royong, jarak rumah dengan tetangga cukup dekat, disini tidak ada budaya setempat yang mempengaruhi kesehatan.
3.    Mobilitas geografis keluarga.
Tn. A mengatakan keluarganya sudah tinggal di rumahnya yang sekarang sejak setahun yang lalu .
4.    Perkumpulan keluarga dan interaksi dengan masyarakat.
Tn. A mengatakan sering berkumpul dan berinteraksi dengan istrinya pada malam hari setelah makan malam sambil menonton TV. Karena pada siang hari Tn A Menggunakan waktunya untuk bekerja.Tn A juga mengatakan  Dalam keluarga tidak  masalah serta konflik dalam berinteraksi.
h.    Struktur Keluarga
1.    Pola dan proses komunikasi keluarga
Tn. A mengatakan bahwa  dia dan istrinya berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tolaki. Komunikasi berlangsung dengan baik dan keluarga menyelesaikan masalah dengan membicarakan terlebih dahulu.
2.    Struktur Kekuatan Keluarga.
Tn. A sebagai kepala keluarga adalah pembuat keputusan namun apanila ada masalah tetap selalu membahasnya terlebih dahulu dengan sang istri.
3.    Struktur Peran
Tn. A mempunyai peran dalam rumah tangga sebagai pencari nafkah dan istrinya Ny S Sebagai ibu rumah tangga.
i.    Fungsi Keluarga
1.    Fungsi Afektif
    Respon kebutuhan keluarga : Ny S Mempunyai kebutuhan sendiri dan sedapat mungkin KK Memenuhinya.meskipun hanya di batasi pada kebutuhan primer saja karena keterbatasan penghasilan Tn A
    Saling memperhatikan : Tn A Cukup memperhatikan istrinya meskipun Tn A lebih sering berada di luar rumah.
    Keterpisahan dan keterikatan : keluarga jarang terpisah, hanya pada saat Tn A bekerja di luar.
2.    Fungsi Sosial
Tn. A mengatakan bahwa hubungannya dengan keluarga baik, norma budaya dan perilaku sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di keluarga dan yang berlaku di masyarakat.
3.    Fungsi Ekonomi
Tn. A” mengatakan penghasilan yang didapat hanya mencukupi kebutuhan makan sehari-hari, setiap bulannya keluarga harus membayar iuran listrik, PAM dan kebutuhan – kebutuhan yang lain. Setiap harinya keluarga hanya mampu menyajikan makanan seadanya seperti : nasi putih, tahu, tempe, ikan, kadang-kadang pakai sayur. Namun meskipun demikian tidak mengurangi kebahagiaan dalam keluarga Tn A. Menurut keluarga masalah ekonomi tidak menjadikan masalah dalam keluarga mereka.
4.    Fungsi Reproduktif
Ny.S mengatakan blum pernah menggunakan KB.karena keluarga juga tidak berencana menunda punya  anak. setelah setahun menikah Ny S  barulah  mengandung anak pertama.
5.    Fungsi Pemeliharaan Kesehatan
Ny.S mengatakan jarang ke puskesmas.untuk mengontrol kandungannyan saja dia baru melakukan kunjungan 1x .menurut Ny S Kendalanya karena mereka tidak memiliki JAMKESMAS. Biasanya kalau keluarga sakit mereka lebih memilih membeli obat di warung atau apotik.
6.    Fungsi perawatan Keluarga
a.    Kemampuan keluarga dalam mengenal masalah kesehatan
Masalah-masalah kesehatan yang ada di dalam keluarga Tn. A yaitu: BUMIL dengan anemia.
Ny. S mengatakan tidak begitu mengetahui mengapa orang hamil harus memperbanyak makanan yang mengandung zat besi seperti sayur – sayuran.dia juga tidak tahu bahaya untuk diri dan kandungannya jika anemianya tidak segera di atasi.
b.    Kemampuan keluarga mengambil keputusan
Keluarga mengatakan dengan adanya masalah-masalah kesehatan tersebut, yaitu:, bumil dengan di sertai anemia  tidak begitu dipikirkan karena keluarga menganggap masalah tersebut bukanlah masalah yang serius selain itu apabila harus berobat ke dokterpun keluarga tidak mampu . Ny S  mengatakan tidak terlalu mengkhawatirkan  kondisinya saat ini.Karena menurutnya hal demikian di alami pada semua ibu hamil.
c.    Kemampuan keluarga untuk merawat anggota keluarga yang sakit
Tn. A mengatakan tidak menganggap Kondisi istrinya serius namun jika telah memilik uang Tn A ingin segera membawa istrinya ke dokter.
d.    Kemampuan keluarga memelihara lingkungan
Keluarga mengatakan tidak mengetahui pentingnya ventilasi dan penyinaran matahari bagi kesehatan lingkungan rumahnya. Keluarga mengatakan setiap hari membersihkan rumah tetapi tetap kotor dan udaranya tetap pengap. Keluarga mengatakan kondisi rumah tidak terlalu dipikirkan karena memang kondisinya seperti itu.
e.    Kemampuan keluarga menggunakan fasilitas kesehatan
Keluarga mengatakan jarang menggunakan fasilitas kesehatan . keluarga lebih sering memilih membeli obat di warung atau apotik jika ada anggota keluarga yang sakit. Fasilitas kesehatan yang ada dapat terjangkau oleh keluarga bila keluarga memiliki uang.
j.    Masalah Kesehatan Spesifik
     Kesehatan ibu dan anak
a.    Ibu hamil
Riwayat kehamilan NY. S G1 PO AO, (kebamilan pertama, partus belum pernah dan abortus tidak pernah). Usia kehamilan saat ini 5 bulan, Ny. S mulai hamil setelah 1 tahun usia perkawinan mereka. Ny. S mangatakan baru 1 kali rnemeriksakan kehamilanya ke bidan dan sudah mendapat imunisasi TT se-kali, penambahan BB ± 4 kg dan pada waktu memeriksakan kehamilanya ke bidan pernah mendapat vitamin penambah darah yang menurut anjuran bidan harus diminum sehari sekali namun sekarang obatnya telah habis.
Ny.S  mengatakan  tidak mengetahui  tentang  bagaiman  perawatan kehamilannya, ia mengatakan kadang-kadanga perutnya terasa sakit namun tanpa  diobati  sakitnya  dapat hilang  sendiri  dan kadang-kadang Ny.  S mengeluh pusing.
1)    Inspeksi muka:
a)    Tidak ditemukan chloasma gravidarum, konjungtiva anemis, tidak ada oedema pada muka.
b)    Dada ( buah dada tegangang dan membesar) terlihat pigmentasi pada puting susu, keadaan putting susu tenggelam dan colostrums belum keluar.
c)    Pada tungkai tidak ditemukan farises maupun udema.
2)    Palapasi abdomen:
a)    Leopold I
TFU setinggi pusat usia janin 20 minggu (lima bulan), pada fundus teraba keras, bulat dan lunak (bokong).
b)    Leopold II
Punggung janin terletak di bagiart perut kanan dan bagian keci-kecil (ekstremitas), teraba pada perut sebelah kiri.
c)    Leopold III
Teraba bulat, melenting dan keras (kepala) dan bagian terbawah masih dapat digoyang-goyangkan.
d)    Leopold IV
Kepala janin belurn masuk PAP.
m.    Stres  Jangka  Panjang dan Jangka Pendek
Tn.A mengatakan masalah dalam keluarganya yang sampai saat ini masih dirasakan adalah masalah ekonomi. Ny.S mengatakan penghasilan di keluarganya hanya pas-pasan bahkan kadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.untuk biaya persalinan nantinya keluarga tidak begitu memikrkan karena orang tua dari Ny.S Sudah bersedia membantu mereka.
Ny.S mengatakan agak merasa terbebani dengan perubahan yang dialaminya, perutnya yang mulai membesar membatasi hampir semua aktivitasnya, pengalaman hamil pertama dan akan menjadi ibu kadang – kadang menjadi beban pikirannya.
n.    Koping
Ny.S dan keluarga mengatakan hanya bisa Bersabar dan tetap barusaha dengan adanya masalah-masalah yang ada di dalam keluarganya mereka.
o.    Harapan Keluarga
Tn.S berharap semoga keadaan istri dan calon bayinya baik-baik saja Keluarga Tn.S juga berharap terhadap petugas kesehatan agar dapat membantu keluarga yang tidak mampu dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.(pengobatan).
ANALISA DATA
DATA    MASALAH KESEHATAN    MASALAH KEPERAWATAN
DS :
•    Ny.S mengatakan sering pusing
•    Ny.S mengatakan jarang mengkonsumsi makanan bergizi seperti sayur-sayuran.
•    Ny.S mengatakan pernah di beri obat penambah darah oleh bidan saat kunjungannya di puskesmas namun sekarang obat tersebut telah habis
DO :
•    Konjungtiva anemis
•    TTV :
TD  : 100/ 80
N    :  70x/ menit
R    : 24x/ menit
S    : 36,5 ° C.  
Ibu hamil dengan anemia  
Anemia Ny.S pada keluarga Tn.A  berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah kebutuhan  untuk BUMIL
DS :
•    Ny.S mengatakan banyak perubahan yang terjadi pada dirinya semenjak hamil. Dan agak mengalami kesulitan menyesuaiakan diri dengan kondisinya sekarang
•    Ny.S mengatakan ini kehamilan pertama dan sekaligus pengalaman pertama,
DO :
•    Berat badan Ny.S  bertambah dari 46 menjadi 50.
•    Perut Ny.S tampak membuncit.
•    Payudara membesar.  
Gangguan konsep diri  
Gangguan konsep diri Ny.S pada keluarga Tn.A berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah perubahan fisiologis kehamilan.
DS :
•    Ny.S mengatakan susah tidur karena kondisi kamarnya yang sempit dan pengap ditambah lagi adanya kebisingan di sekitar lingkungan.
•    Ny.S mengatakan tetangga rumahnya sering sekali karaokean.
DO :
•    Ny.S tampak lemas dan lesu
•    Kantung mata Ny.S tampak cekung  
Gangguan pemenuhan istrahat tidur.  
Gangguan pemenuhan istrahat tidur Ny.S pada keluarga Tn. A  berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga memodifikasi lingkungan
DS:
•    Ny.S mengatakan jarang mengkonsumsi makanan yang bergizi  dan sudah tidak minum vitamin yang berguna untuk perkembangan janinnya.
•    Ny.S mengatakan harusnya dia sudah memeriksakan kembali kandungannya namun sampai saat ini dia belum juga ke puskesmas setelah kunjungan pertamanya.
Do :
•    Hasil pemeriksaan Lab menunjukan HB turun   
Resiko  gangguan perkembangan janin  
Resiko gangguan perkembangan janin Ny.S pada Tn.A berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengambil keputusan yang tepat.




SKORING
1.    Anemia Ny.S pada keluarga Tn.A  berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah kubutuhan untuk BUMIL.
Kriteria    Skor    Perhitungan    Pembenaran
1.    Sifat masalah ;
tidak sehat


2.    Kemungkinan masalah dapat diubah ;
dengan mudah


3.    Potensi masalah untuk diubah ;
cukup



4.    Menonjolnya masalah ;
Ada masalah tapi tidak perlu segera di tangani
    1



2





1






1




    3/3 x 1



2/2 x 2





2/3 x 1






1/2 x 1


     Terlihat Ny.S dalam kondisi lemas dan tampak pucat.
Untuk pemenuhan nutrisi BUMIL tidak selalu membutuhkan biaya mahal.
BUMIL bisa mendapatkan makanan yang mengandung zat besi dengan mengkonsumsi sayur – sayuran hijau.
Keluarga merasakan ada masalah tetapi tidak membutuhkan penanganan segera
Total skor        4,1  

2.    Gangguan konsep diri Ny.S pada keluarga Tn.A berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah perubahan fisiologis kehamilan
Kriteria    Skor    Perhitungan    Pembenaran
1.    Sifat masalah ;
ancaman kesehatan

2.    Kemungkinan masalah dapat diubah ;
mudah


3.    Potensi masalah untuk diubah ;
Cukup


4.    Menonjolnya masalah ;
Ada masalah tetapi tidak perlu segera di tangani.    1




2





1





1    2/3 x 1




2/2 x 2





2/3 x 1





1/2 x 1     Perubahan kondisi selama hamil membuat BUMIL tidak nyaman.
BUMIL bisa memahami dengan mudah jika mendapat penjelasan yang tepat.
Ny.S mau mendengarkan penjelasan – penjelasan yang di berikan padanya.
Seiring waktu BUMIL mulai menerima perubahan kondisinya.

Total skor        3,7  

3.    Gangguan pemenuhan istrahat tidur Ny.S pada keluarga Tn.A berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga memodifikasi lingkungan.
Kriteria    Skor    Perhitungan    Pembenaran
1.    Sifat masalah:
Ancaman kesehatan.


2.    Kemungkinan masalah dapat diubah:
Hanya sebagian.







3.    Potensi masalah untuk diubah:
Cukup.
4.    Menonjolnya masalah:
Ada masalah tapi tidak perlu segera di tangani.    1



2










1


1    2/3 x 1



2/2 x 2










2/3 x 1


1/2 x 1
    Membuat kondisi BUMIL semakin lemah.

Gangguan tidur pada BUMIL bukan hanya karena kebisingan lingkungan sekitar tapi juga karena kondisi kamar yang panas dan pengap.
Bisa dengan menambahkan ventilasi kamar
Masalah kondisi kamar tidak mungkin secara langsung bisa di rubah.
Total skor        3,7  



4.    Resiko gangguan perkembangan janin Ny.S pada keluarga Tn.A berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengambil keputusan yang tepat.
Kriteria    Skor    Perhitungan    Pembenaran
1.    Sifat masalah:
ancaman kesehatan.

2.    Kemungkinan masalah dapat diubah: hanya sebagian.
3.    Potensi masalah untuk diubah: rendah.






4.    Menonjolnya masalah:
Masalah tidak di rasakan.
    1



2



1








1    2/3 x 1



1/2 x 2



1/3 x 1








0/2 x 1


     Masalah akan muncul jika tidak segera ditangani.
Keterbatasan ekonomi dan pengetahuan.

Kondisi ekonomi keluarga yang terbatas dan kurangnya pengetahuan ibu tentang nutrisi untuk perkembangan janin.
Keluarga belum merasakan bahwa keadaan itu menjadi masalah.
Total skor        1,4  

PRIORITAS MASALAH KEPERAWATAN PADA KELUARGA Tn.A

1.    Anemia Ny.S pada keluarga Tn.A  berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah kubutuhan untuk BUMIL.
2.    Gangguan pemenuhan istrahat tidur Ny.S pada keluarga Tn.A berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga memodifikasi lingkungan.
3.    Gangguan konsep diri Ny.S pada keluarga Tn.A berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah perubahan fisiologis kehamilan.
4.    Resiko gangguan perkembangan janin Ny.S pada keluarga Tn.A berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengambil keputusan yang tepat.


FORMAT PERENCANAAN
ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA
NO    DIAGNOSA KEPERAWATAN
KELUARGA    TUJUAN    KRITERIA EVALUASI    RENCANA INTERVENSI   
        UMUM    KHUSUS    KRITERIA    STANDAR        Rasional
1.


















































2.

































3.













































4.











































    Anemia Ny S pada keluarga Tn. A  berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah kubutuhan untuk BUMIL









































Gangguan pemenuhan istrahat tidur Ny S berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga memodifikasi lingkungan

























Gangguan konsep diri Ny. S pada keluarga Tn A berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah perubahan fisiologis kehamilan


































Resiko gangguan perkembangan janin Ny S pada keluarga berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengambil keputusan yang tepat.









    Setelah di lakukan intervensi masalah anemia pada Ny S bisa teratasi












































Setelah dilakukan intervensi keperawatan gangguan istrahat tidur bisa teratasi


























Setelah di lakukan intervensi keperawatan masalah gangguan konsep diri pada Ny S dapat teratasi




































Setelah dilakukan intervensi keperawatan resiko gangguan perkembangan janin bisa di cegah    Setelah di lakukan pertemuan untuk melakukan intervensi keluarga di harapkan mampu :


1.    Mengenal masalah bahaya anemia.













2.    Mengetahui makanan – makanan yang mengandung zat besi
3.    Mengambil keputusan yang tepat untuk mengatasi masalah anemia.


















Setelah dilakukan pertemuan, keluarga mampu :
1.    Mengenal masalah yang menjadi penyebab gangguan tidur pada BUMIL.




2.    Mengetahui  masalah jika BUMIL kurang istrahat.

3.    Mampu mengambil keputusan yang tepat untuk mengatasi masalah











Setelah dilakukan pertemuan,keluarga mampu :

1.    Mengenal masalah – masalah yang bisa muncul pada  kehamilan



2.    Mengetahui perubahan – perubahan fisiologi pada kehamilan.














3.    Mengambil keputusan yang tepat untuk mengatasi gangguan konsep diri pada BUMIL.








Setelah dilakukan pertemuan keluarga mampu :

1.    Mengenal masalah resiko gangguan perkembangan janin
2.    Mengenal hal-hal yang bisa memperberat resiko.


3.    Mengambil keputusan yang tepat untuk mengatasi masalah













   






Verbal















Verbal






























Verbal








Verbal





verbal



















Verbal







Verbal 


















Verbal














verbal














   






-    Menjelaskan secara sederhana tentang anemia
-    Menyebutkan bahaya yang mungkin timbul pada BUMIL akibat anemia yang tidak teratasi.
-    Menjelaskan pentingnya makanan bergizi untuk BUMIL.
-    Menyebutkan contoh- contoh makanan yang mengandung zat besi.
-    Menyebutkan contoh  sayur- sayuran yang mengandung zat besi yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau.


















-    Menjelaskan secara sederhana penyebab gangguan tidur.



-    Menyebutkan akibat jika BUMIL  kurang istirahat.

-    Menyebutkan tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah.















-menjelaskan masalah- masalah yang bisa muncul pada kehamilan



-    Menjelaskan perubahan pada ibu hamil merupakan keadaan yang normal.
-    Menjelaskan proses perubahan fisiologi pada BUMIL.
-    Menyebutkan beberapa perubahan – perubahan pada tubuhnya selama kehamilan.
-    Menjelaskan bahwa perubahan yang terjadi merupakan sesuatu yang normal








-    Menjelaskan tentang resiko gangguan perkembangan janin.
-    Menyebutkan faktor-faktor yang bisa memperberat resiko

-    Menyebutkan cara yang tepat untuk mencegah terjadinya resiko gangguan perkembangan janin





   






1.    Kaji pengetahuan keluarga tentang anemia.


2.    Jelaskan pada keluarga tentang bahaya anemia pada BUMIL.
3.    Jelaskan pada keluarga contoh – contoh makanan yang mengandung zat besi dengan harga terjangkau.
4.    Anjurkan pada keluarga khususnya BUMIL untuk terus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi.

5.    Anjurkan ibu untuk meminta vitamin penambah darah di puskesmas



1.    Kaji pengetahuan keluarga tentang pemenuhan istrahat tidur

2.    Jelaskan pentingnya istrahat yang cukup pada BUMIL.
3.    Jelaskann akibat yang bisa timbul dari istrahat yang kurang.

4.    Anjurkan pada keluarga untuk memodifikasi ulang kamar tidur

5.    Anjurkan pada BUMIL untuk istrahat yang cukup




1.    Jelaskan perubahan yang terjadi pada BUMIL adalah proses yang normal.

2.    Anjurkan BUMIL untuk memakai pakaian yang longgar dan tipis untuk menunjang kenyamanan.
3.    Beri pemahaman/penjelasan agar BUMIL bisa menerima perubahan yang terjadi pada tubuhnya

4.     Jelaskan dampak yang bisa timbul jika BUMIL merasa terus terganggu dengan perubahan yang terjadi





1.    Kaji pengetahuan keluarga tentang resiko gangguan perkembangan janin
2.    Beri pemahaman keluarga tentang resiko perkembangan janin pada kehamilan yang bermasalah



3.    Jelaskan hal- hal yang bisa memperberat resiko pada kehamilan



4.    Beri pemahaman pada keluarga cara mencegah resiko gangguan perkembangan janin

5.    Anjurkan keluarga membawa BUMIL ke puskesmas untuk memeriksakan kehamilannya   






1.    Untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan keluarga tentang anemia.
2.    Untuk member pemahama n pada keluarga tentang bahaya anemia pada BUMIL.

3.    Keluarga dapat mengetahui contoh – contoh makanan yang mengandung zat besi dengan harga yang bisa dijangkaunya.


4.    Untuk tetap memenuhi zat besi pada BUMIL.







5.    Vitamin penambah darah sangat penting untuk BUMIL





1.    Untuk mengukur pengetahuan keluarga tentang istrahat tidur


2.    Keluarga dapat mengetahui pentingnya istrahat bagi BUMIL.

3.    Member pemahaman pada keluarga akibat yang timbul dari kurang istrahat
4.    Kondisi kamar yang baik n tidak pengap dapat membantu pemenuhan kebutuhan istraht tidur pada BUMIL
5.    Istrahat yang cukup baik untuk ibu dan bayinya.




1.    Untuk member pemahaman pada keluarga dan BUMIL





2.    Untuk memberi kenyamanan pada BUMIL selama kehamilan



3.    Agar BUMIL mau menerima kondisinya dan memandangny
a sebagai
 sesuatu yang normal




4.    Keluarga dan BUMIL mengetahui dampak yang bisa timbul









1.    Untuk mengukur sejauh mana pengetahuan keluarga tentang resiko gangguan perkembangan janin
2.    Untuk member pengetahuan kepada keluarga tentang resiko perkembangan janin pada kehamilan yang bermasalah.

3.     Memberikan pemahaman  kepada keluarga tentang hal- hal yang bisa memperberat resiko pada kehamilan
4.    Untuk mencegah agar dresiko gangguan lperkembangan janin tidak terjadi


5.    Untuk mengetahui perkembangan  janin dalam kandungannya.











Implementasi 
1.    Anemia Ny S pada keluarga Tn. A  berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah kubutuhan untuk BUMIL

Hari/ tanggal   
Implementasi   
Evaluasi
Sabtu , 26- 11- 2011

Jam 08. 00 WITA


















    1.    mengkaji pengetahuan keluarga tentang anemia.
2.    menjelaskan pada keluarga tentang bahaya anemia pada BUMIL.
3.    menjelaskan pada keluarga contoh – contoh makanan yang mengandung zat besi dengan harga terjangkau.
4.    menganjurkan pada keluarga khususnya BUMIL untuk terus mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi
5.    Menganjurkan ibu untuk meminta vitamin penambah darah di puskesmas
    Sabtu , 3 - 12 - 2011
Jam 08.00 WITA
S : BUMIL mengatakan mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti sayur- sayuran hijau yang bisa dijangkau dengan harga murah

O : kondisi BUMIL tampak terlihat sehat dan tidak pucat

A : masalah belum teratasi

P : intervensi dilanjutkan ( intervensi 4 dan 5 )











2.    Gangguan pemenuhan istrahat tidur Ny S berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga memodifikasi lingkungan


Hari/ tanggal   
Implementasi   
Evaluasi

Sabtu , 26- 11- 2011
Jam 10. 00 WITA







   
1.    Mengkaji pengetahuan keluarga tentang pemenuhan istrahat tidur
2.    Menjelaskan pentingnya istrahat yang cukup pada BUMIL.
3.    Menjelaskann akibat yang bisa timbul dari istrahat yang kurang.
4.    Menganjurkan pada keluarga untuk memodifikasi ulang kamar tidur
5.    Menganjurkan pada BUMIL untuk istrahat yang cukup
   
Sabtu , 3 - 12- 2011
Jam 09. 00 WITA

S : ibu mengatakan sudah bisa istrahat/ tidur dengan cukup
O : BUMIL tampak terlihat segar
A : masalah teratasi
P : intervensi dipertahankan ( 5 )

3.    Gangguan konsep diri Ny. S pada keluarga Tn A berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengenal masalah perubahan fisiologis kehamilan

Hari/ tanggal   
Implementasi   
Evaluasi

Sabtu , 26- 11- 2011
Jam 12. 00 WITA









   
1.    Menjelaskan perubahan yang terjadi pada BUMIL adalah proses yang normal.
2.    Menganjurkan BUMIL untuk memakai pakaian yang longgar dan tipis untuk menunjang kenyamanan.
3.    Memberi pemahaman/penjelasan agar BUMIL bisa menerima perubahan yang terjadi pada tubuhnya
4.     Menjelaskan dampak yang bisa timbul jika BUMIL merasa terus terganggu dengan perubahan yang terjadi
   
Sabtu , 3 - 12- 2011
Jam 10. 00 WITA

S : BUMIL mengatakan sudah merasa terbiasa dengan perubahan kondisinya.
O : BUMIL terlihat tampak santai
A : masalah teratasi

P : intervensi dihentikan











4.    Resiko gangguan perkembangan janin Ny S pada keluarga berhubungan dengan ketidakmampuan keluarga dalam mengambil keputusan yang tepat.

Hari/ tanggal   
Implementasi   
Evaluasi

Sabtu , 26- 11- 2011
Jam 13. 00 WITA














   
1.    Mengkaji pengetahuan keluarga tentang resiko gangguan perkembangan janin
2.    Memberi pemahaman keluarga tentang resiko perkembangan janin pada kehamilan yang bermasalah
3.    Menjelaskan hal- hal yang bisa memperberat resiko pada kehamilan
4.    Memberi pemahaman pada keluarga cara mencegah resiko gangguan perkembangan janin
5.    Menganjurkan keluarga membawa BUMIL ke puskesmas untuk memeriksakan kehamilannya   
Sabtu , 3 - 12- 2011
Jam 10. 00 WITA

S : BUMIL mengatakan memahami dan mulai mengatasi ancaman yang dapat menjadi resiko gangguan perkembangan pada janinya.
O : BUMIL mulai memperhatikan pemeriksaan kandungannya ke puskesmas.

A :  masalah teratasi
P : intervensi dipertahankan ( 5 )





Tidak ada komentar:

Posting Komentar